Kelezatan Menu Saji

Kelezatan Menu Saji 


Inilah bagian yang mendapatkan perhatian paling tinggi dalam pesta pernikahan Anda! Ragam pilihan menu yang terhidang akan membuat para undangan tergiur untuk menikmati semuanya. 


Karena menempati poin teratas dalam perhitungan budget pesta, hendaknya Anda jangan sampai salah perhitungan ataupun salah memilih aneka menu. Berikut trik dan tips yang diberikan Minerva, pemilik Kiki Catering & Service:

  • Untuk mengetahui jumlah dan variasi menu yang akan dipesan, biasanya pihak katering melakukan "depth interview" dengan calon pengantin. Misalnya, berapa jumlah undangan yang akan disebar (via telepon, SMS, mailing /ist, dan lain-lain) sehingga benar-benar diketahui secara detail jumlah tamu yang akan datang. Ini belum termasuk undangan untuk keluarga dekat dan ini biasanya menempati persentase paling besar. Pikirkan juga apakah mayoritas yang datang adalah golongan orang tua ataukah anak muda, karena nantinya akan mempengaruhi keputusan pemilihan menu.
  • Satu orang undangan biasanya akan menikmati sekitar 3-5 jenis menu yang dihidangkan,
  • Menu yang tersaji untuk pesta di siang hari akan lebih banyak dibandingkan pesta di malam hari. Alasannya, orang-orang cenderung lebih lapar di saat siang.
  • Tidak ada perbedaan menu yang signifikan antara pesta indoor maupun outdoor. Sebagai variasi, tambahkan menu "khas daerah",
  • Favorit para tamu biasanya adalah yang terhidang di "menu gubug" (food stall), dan hidangan "kering" misalnya: tempura, chicken cordon bleu, ke-bab, dan lain-lain,
  • Beberapa katering punya spesialisasi hidangan tersendiri: makanan vegetarian, Eropa, Continental, dan lain-lain. Karena itu, ada baiknya Anda berkeliling ke 2-3 vendor katering sebelum memutuskan pilihan,
  • Tanyakan kepada pihak katering, apakah harga makanan sudah termasuk pajak dan biaya servis pelayanan atau belum,
  • Mintalah food testing. Bahkan Anda bisa minta diundang oleh pihak katering saat mereka meng-handie acara. Cek apakah semua item-nya memuaskan, baik dari sisi penyajian maupun pramusajinya fwaiter dan waitress). Coba perhatikan, apakah pramusajinya berpenampilan bersih, rapi, dan cekatan. Idealnya, 1 pramusaji bisa melayani 30 orang tamu (pesta buffet), dan melayani 20 orang tamu (pesta duduk),
  • Perhatikan poin-poin utama dalam penandatanganan kontrak dengan vendor katering, yang menyangkut.
Pembatalan pesanan.

Jumlah deposit yang dibayarkan. Jika kontrak masih berjalan selama 1 tahun, maka harga mengikat. Namun jika lebih dari 1 tahun, maka otomatis harga akan berubah.

Harga makanan juga tergantung pada tempat penyelenggaraan pesta.

Tips berhemat: pesan lebih banyak menu buffet, kurangi jumlah undangan, atau adakan pesta di malam hari, (lihat: "Matematika Katering".

  • 1 buah undangan = 2 orang datang = 2 porsi makanan,
  • 1 porsi buffet (menu utama): 4 porsi gubug (untuk acara malam), 1 porsi buffet (menu utama): 5 porsi gubug (untuk acara siang), Catatan: orang akan lebih lapar saat siang hari dibanding malam hari
  • Perhatikan contoh berikut: jika ada 500 undangan, berarti yang akan datang sekitar 1000 orang (1000 porsi makanan): 
A.  rencana buffet 50%, berarti buffet 500 porsi
Sisa 500 porsinya: (500 x 5) = 2500 porsi (pesta siang) (500 x 4) = 2000 porsi (pesta malam)

B. rencana buffet 60%, berarti buffet 600 porsi

 Sisa 400 porsinya: (400 x 5) = 2000 porsi (pesta siang) (400 x 4) = 1600 porsi (pesta malam)

Baik A maupun B sama-sama merupakan perkiraan untuk 1000  orang.

Rona Cantik Dekorasi Pesta

"Fungsi utama dari dekorasi adalah "mengubah atmosfer" ruangan, agar para undangan dapat merasakan sesuatu yang berbeda" . Kesan minimalis, elegan, glamor, atau bahkan romantis dapat tercipta dari dekorasi. Dalam acara perkawinan, bunga dipakai untuk kelengkapan penampilan sang pengantin (hand bouquet) serta untuk menghias tempat upacara serta ruang pesta.

warna dekorasi yang dipakai harus bersifat tone down dengan baju pengantin. Pencahayaan flighting) pun haruslah pas di sudut-sudut tertentu. Jika sudah begini, maka fungsi dekorasi pun dapat menunjang performa sang pengantin. Tidak hanya bunga, seorang dekorator profesional biasanya akan bereksplorasi juga dengan pernak-pernik dekorasi lainnya seperti: kain, furniture etnik, standing lamp, lilin, ataupun pita. Yang perlu juga diingat, semua area yang akan didokumentasikan, mutlak harus didekorasi pula. Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan untuk menghias kamar pengantin Anda juga. Tempat berlangsungnya upacara pernikahan biasanya didekorasi dengan warna-warna pucat, sedangkan untuk tempat resepsi dihias dengan warna-warna yang lebih terang.

Usahakan untuk menciptakan tema yang selaras mulai dari undangan, baju pengantin, suvenir, serta dekorasi supaya timbul kesan senada serta harmonis. Agar lebih mendukung, sebagai gambaran, pesta dengan nuansa etnik akan banyak menggunakan bunga melati yang memang kental aura tradisionalnya. Sedangkan bunga mawar akan menjadi bunga mayoritas yang dipakai untuk pesta dengan gaya internasional.

Berikut tips-tips hemat dekorasi :
  1. Hubungi pihak dekorator & f/orist jauh-jauh hari. Semakin lama waktu persiapan, semakin mudah juga bagi dekorator untuk mengeksplorasi segala sesuatu secara lebih matang dan terencana.
  2. Fokuskan di dekorasi pelaminan saja.
  3. Pilih bunga yang sedang musim,
  4. Hindari menikah di masa-masa peak season, seperti Valentine, menjelang Natal, dan Tahun Baru karena kenaikan harga bunga bisa mencapai 100%,
  5. Upacara dan resepsi pernikahan diadakan di tempat yang sama,
  6. Perlu diingat, di area outdoor harus tersedia tenda, cooling fan (untuk menurunkan kadar kelembapan), sound System, dan "flooring" rerumputan. Biaya untuk dekorasi pesta outdoor memang tidak sebesar pernikahan indoor, tetapi Anda tetap harus memperhitungkan item-item pernikahan tersebut.
  7. Bunga yang termasuk kategori termurah ditempati oleh: krisan, sedap malam, gerbera, dan anggrek lokal. Sebaliknya, peony, cymbidium, hydrangea, dan bunga-bunga impor lainnya berada pada kategori termahal.


Sudah semestinya gaya personal Anda tercermin di dalam undangan yang dibuat. Inspirasi untuk membuatnya bisa didapat setelah Anda memutuskan tema dan warna berdasarkan preferensi pribadi, serta lokasi tempat pesta diadakan. Nilai kreativitas juga merupakan hal yang penting dalam membuat undangan. "Itulah sebabnya performa undangan masa kini lebih bervariasi, tidak konvensional dibanding tahun-tahun sebelumnya, baik bentuk, bahan yang dipakai, hingga yang sifatnya multifungsi, yaitu undangan yang bisa sekaligus dijadikan sebagai suvenir, misalnya undangan berbentuk CD, kalender, piring dan sebagainya," jelas Eko dari Domino Wedding Card. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa sekarang ini bahan yang tak lazim pun kini bisa digunakan untuk membuat undangan yang unik, misalnya rotan, kain batik, dan kertas daur ulang (recycle paper).

  1. Pesan undangan maksimal tiga bulan sebelum hari H. Biasanya, proses pengerjaan sejak persetujuan desain sampai serah terima barang akan memerlukan waktu kurang lebih satu bulan.
  2. Walaupun disebut kertas daur ulang frecyc/epaper), harganya belum tentu lebih murah. Kertas daur ulang produk lokal memang relatif lebih murah, namun jarang dipakai karena kualitasnya tidak sebaik produk impor.
  3. Harga undangan juga dipengaruhi oleh jumlah warna yang dipakai. Dalam dunia percetakan, terdapat istilah pemakaian "satu warna" dengan proses pengerjaannya lebih simpel, dan istilah "empat warna" untuk pengerjaannya yang jauh lebih rumit, harganya pun lebih mahal.
  4. Berapa pun jumlah foto yang ingin Anda "pajang" di undangan tidak akan memengaruhi harga.
  5. Undangan yang sekaligus sebagai suvenir sebaiknya didesain unik.
  6. Jika Anda merencanakan mengundang 500 orang, pesanlah undangan sebanyak 500 buah, tetapi pesanan suvenir minimal sebanyak 600 buah.
  7. Agar terlihat lebih personal, akan lebih menarik jika pada undangan tercantum puisi, kata-kata mutiara, petikan ayat-ayat kitab suci, atau lirik lagu favorit Anda berdua
Cincin Kawin, Simbol Cinta Abadi Tak Terpisahkan

"Waktu untuk memesan cincin kawin umumnya ber-variatif. Bisa satu tahun atau enam bulan sebelum tanggal pernikahan. Waktu maksimal untuk melakukan pengukuran ulang atau "resize" adalah lima hari sebelum hari H," 

ORORI merupakan merek aksesori pertama di Indonesia yang mengkhususkan pada cincin kawin. Masih dari pihak ORORI, Budi Sumantri D.G, A.J.P (Diamond Graduate Accredited Jeweier Professional) menambahkan, kriteria cincin kawin yang baik/berkua-litas adalah yang memenuhi standar 75% kadar emas, serta 25% alloy (campuran besi-besi di luar emas, biasa disebut juga based metal).

Peringkat mutu barang, dari kualifikasi tertinggi terendah adalah: cincin platinum, emas putih (mengandung 75% emas kuning, sehingga merupakan emas kuning yang diputihkan), dan emas kuning. Kadar berlian paling kecil dimulai dari angka 0,005 karat (yang pada cincin hanya akan terlihat sebagai "sizetone", pemanis semata). Jika ingin terlihat jelas sebagai "main-stone", kadar berlian dipatok pada angka mulai 0,03 karat.

Beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam membeli cincin kawin: hendaknya beli di tempat yang dikenal/direkomendasikan, yang berani menjamin (membeli kembali), atau berani menjamin di surat ba-rang/perhiasan, dengan mencantumkan persentase kadar emas yang ada. Emas putih banyak mengandung nikel, sehingga mengakibatkan gatal-gatal pada orang yang peka (walaupun kemungkinannya sangat kecil, hanya sekitar 0,1%). Jika memang ingin benar-benar aman dan bebas alergi, emas kuning dapat dijadikan pilihan. Bentuk berlian pun dibagi dalam enam model: bundar, oval, hati, markis (daun runcing), emeralc/ (empat sisi), dan buah pear.

 Daftar Isi Dekorasi

  1. Gambar Pelaminan Minang
  2. Jenis Pelaminan Nusantara
  3. Dekorasi Pelaminan Minimalis Unik dan Indah
  4. Kisah-Kisah Menggetarkan 24 Jam Sebelum Pernikahan
  5. Untuk Mereka yang Mencintaiku
  6. Dekorasi Pelaminan Pilihan Yang Cantik dan Menarik
  7. Macam-Macam Kreatif Dekorasi Pesta Ulang Tahun Anak
  8. Dekorasi Pelaminan Adat Minang 
  9. Merayakan Pesta Cinta Impianmu
  10. Kelezatan Menu Saji 
  11. Aneka Gambar Dekorasi Pelaminan Untuk Acara Spesial Anda
  12. Racikan Hubungan Cinta yang Pas
  13. Rahasia Hubungan yang Sehat dalam Bercinta 
  14. Sejarah Kebaya, Kebaya Baju Ideal Wanita Indonesia, Ikhtisar Lintasan Sejarah Kebaya
  15. Galery Kebaya Exotic, Kesan Indah Kebaya, Kebaya hitam, Kebaya Putih Yang Anggun Jika Dipakai
  16. Dekorasi Pernikahan, Tips Menetukan Dekorasi Pernikahan, Memilih Jasa Dekor
  17. Macam-macam Dekorasi Pernikahan Sederhana, Unik, Modern, Mewah 
  18. Gedung Pernikahan Di Jakarta, Timur, Selatan, Barat, Pusat dan Bekasi
  19. Pilihan Tempat Acara Pesta Pernikahan, Ulang Tahun, Pertemuan Di Bandung Provinsi Jawa Barat
  20. Jasa Penyedia Catering Untuk Daerah Jakarta Timur, Barat, Pusat, Selatan Provinsi DKI Jakarta
  21. Pelaminan Minang Kombinasi Timur Tengah

Postingan Populer